Ada banyak software yang dapat membantu mengelola artikel jurnal, buku, dan lain-lain secara online melalui internet, salah satunya adalah OJS dengan EPrints.

Lalu, apa perbedaan antara OJS dan EPrints?



Asal usul kedua perangkat lunak

Open Journal Systems ( OJS ) adalah aplikasi perangkat lunak open source untuk mengelola dan menerbitkan jurnal ilmiah. Pengembang OJS adalah Proyek Pengetahuan Publik (PKP) . PKP Merilis OJS pada tahun 2001.

PKP menciptakan OJS untuk meningkatkan akses penelitian, meningkatkan jumlah pembaca jurnal, dan berkontribusi pada kepentingan publik dalam skala global.

EPrints adalah perangkat lunak open source yang dapat menjadi repositori untuk menyimpan jurnal, artikel, buku, dll. Pengembang EPrints adalah University of Southampton . University of Southampton menciptakan EPrints pada tahun 2000.

Cerpen di balik EPrints dibuat, jadi EPrints dibuat dari hasil pertemuan Santa Fe pada tahun 1999. Dan sekarang EPrints telah membantu memudahkan pembaca untuk menemukan jurnal, artikel, buku yang mereka inginkan melalui online dan juga memudahkan bagi institusi untuk menyimpan artikel atau file lainnya ke EPrints via online.

Perbedaan

Keuntungan

Keuntungan menggunakan OJS

  • Dapat mengelola dan menerbitkan jurnal sekolah atau jurnal terkait.
  • Perangkat lunak OJS adalah perangkat lunak open source, sehingga Anda dapat menggunakannya secara pribadi atau komersial, bahkan memodifikasinya.
  • PKP telah membuat banyak plugin pendukung untuk OJS yang dapat diinstal secara gratis, sehingga Anda dapat memeriksa atau menginstal plugin (Plugin dapat ditemukan di Dashboard > Settings -> Website -> Plugins ( Plugin Gallery ).
  • OJS melacak statistik dari pengiriman, aktivitas editorial, pengguna, dan juga dapat menghasilkan laporan statistik.
  • Mesin pencari seperti Google, Bing, dapat membuat situs OJS terindeks dengan cepat di mesin pencari mereka.

Keuntungan menggunakan EPrints

  • Sebagai gudang artikel, buku, monografi. Bahkan EPrints dapat menyimpan rekaman video dan audio secara digital.
  • Gratis , sama seperti OJS, EPrints adalah perangkat lunak open source yang memungkinkan kita untuk mengubah kode atau menggunakannya secara komersial.
  • Formulir yang disediakan sederhana dan tidak berbelit-belit, sehingga memudahkan pengguna dalam mencari informasi/artikel kumpulan ilmiah yang mereka harapkan.



Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, OJS hanya baik untuk mengelola artikel jurnal , dan untuk EPrints berfungsi sebagai repositori .

Jika Anda tidak tahu apa itu repositori, repositori hanyalah sebuah tempat penyimpanan atau jika di komputer disebut folder . Dimana folder tersebut menyimpan berbagai file seperti .docx, .txt, .pdf, .ppt, .php, dll.

Referensi



By admin